Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

MKRPL
e.petani
bank padi
Sinar Tani
e produk
Ulat Bulu

Poling

Informasi teknologi apa yang anda butuhkan?
 
6 Konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Senin, 13 Februari 2012 12:27

Sesuai arahan Presiden SBY pada saat kunjungan kerjanya ke Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Desa Kayen, Pacitan, Jawa Timur (Jum’at, 13/1/12), bahwa Rumah Pangan Lestari (RPL) harus dikembangkan disemua Kabupaten dan Provinsi, secara nasional menjadi program untuk ketahanan pangan rumah tangga.  Untuk itu Badan Litbang Pertanian telah mengawalinya dari model yang diciptakan oleh para peneliti, menjadi model yang cepat sekali diadopsi tidak lebih dari satu tahun. Konsep Rumah Pangan Lestari (RPL) sudah diadopsi oleh Provinsi dan Kabupaten, antara lain Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah termasuk beberapa Kabupaten lainnya.

Berdasar pada arahan Bapak Presiden RI tersebut, Kepala Badan Litbang, Dr. Ir. Haryono, MSc menghimbau agar mengembangkan 6 konsep dalam Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), yaitu: (1) Kemandirian pangan rumah tangga pada suatu kawasan, (2) Diversifikasi pangan yang berbasis sumber daya lokal, (3) Konservasi tanaman-tanaman pangan maupun pakan termasuk perkebunan, hortikultura untuk masa yang akan datang, (4) Kesejahteraan petani dan masyarakat yang memanfaatkan Kawasan Rumah Pangan Lestari, (5) Pemanfaatan kebun bibit desa agar menjamin kebutuhan masyarakat akan bibit terpenuhi, baik bibit tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, termasuk ternak, unggas, ikan dan lainnya, (6) Antisipasi dampak perubahan iklim.
 

“Pengembangan pangan ditingkat rumah tangga 1-5 tahun ke depan dalam satu kawasan bisa dusun atau desa, akan sungguh-sungguh menjadi realisasi gerakan ketahanan pangan di masyarakat. Secara sudah menunjukkan bahwa pengembangan KRPL di Pacitan telah memberikan manfaat yang signifikan, pendapatan dan pengeluaran petani dapat ditekan Rp. 195.000 – Rp. 700.000 tiap bulannya per Kepala Keluarga (KK)”. Pernyataan tersebut disampaikan Bapak Kepala Badan Litbang dalam arahannya (Jum’at, 13/1/12).


Dr. Ir. Haryono, M.Sc juga menambahkan sesuai dengan arahan Bapak Presiden SBY dan Bapak Menteri Pertanian “Kita harus serentak menggerakan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) diseluruh Provinsi atau Kabupaten, KRPL sudah harus diterapkan terutama pada tanaman-tanaman, ternak, unggas, ikan yang dibutuhkan sehari-harinya oleh warga masyarakat. Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) juga bersifat spesifik lokasi, contohnya saja di Jawa Barat spesifikasi Rumah Pangan Lestarinya adalah sayuran. Menjadi tugas BPTP, yang harus mengarahkan lokasi mana yang lebih kuat komoditasnya di setiap masing-masing Kabupaten atau Provinsi. M-KRPL yang diinisiasi oleh BPTP harus cepat dikembangkan, baik di Kabupaten/Provinsi maupun untuk masyarakat luas”. Tutur Kepala Badan Litbang, menutup arahannya.

 

sumber: Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com