Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Ulat Bulu
MKRPL
e.petani
bank padi
Sinar Tani
e produk

Poling

Informasi teknologi apa yang anda butuhkan?
 
Kacang Tanah PDF Cetak E-mail
Oleh Irma Audiah Fachrista dan Issukindarsyah   
Jumat, 09 September 2011 15:30

Kacang tanah merupakan salah satu tanaman  yang bernilai ekonomis. Kacang tanah tidak hanya digunakan untuk pemenuhan kebutuhan pangan rumah tangga serta pakan ternak tetapi juga bahan baku industri. Sebagai bahan baku industri, kacang tanah digunakan sebagai bahan untuk membuat keju, mentega, sabun dan minyak goreng. Sedangkan sebagai bahan pangan dan pakan ternak, kacang tanah mengandung lemak,  protein, karbohidrat serta vitamin (A, B, C, D, E dan K),  juga mengandung mineral.

Benih

Kebutuhan benih kacang tanah per hektar berkisar 90-100 kg. Beberapa varietas unggul yang dapat digunakan adalah Kancil, Perkutut, Singa dan Turangga.

Penyiapan Lahan

Penyiapan lahan sebaiknya dilakukan dengan mengolah tanah dengan cara dibajak sekitar 15−20 cm, kemudian digaru, diratakan dan dibersihkan dari sisa tanaman dan gulma. Penyiapan lahan disertai dengan pemberian dolomit 500 kg/ha dan pupuk kandang 2.500 kg/ha.

Penanaman

Penanaman dilakukan secara tugal dengan jarak tanam 40 x 15 cm atau 35 x 10 cm,  satu biji per lubang.

Pemupukan

Pupuk  yang dibutuhkan yaitu 50 kg urea, 100 kg  SP36 dan 50 kg KCI yang diberikan saa tanam atau saat tanaman berumur 7−14 hari, dengan cara tugal atau larik.

Penyiangan Gulma dan Pembumbunan

Penyiangan gulma dan pembumbunan dilakukan sebelum tanaman berbunga. Setelah ginofor masuk ke dalam tanah, tanaman tidak boleh disiang karena dapat menyebabkan kegagalan pembentukan polong.

Pengairan/Penyiraman

Pengairan/penyiraman diperlukan pada periode:

§  Pertumbuhan awal yaitu umur hingga 15 hari setelah tanam.

§  Awal berbunga yaitu umur 25 hari setelah tanam.

§  Pembentukan dan pengisian polong yaitu umur 75 hari setelah tanam.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama utama yang menyerang kacang tanah adalah wereng kacang tanah, penggerek daun, ulat jengkal dan ulat grayak. Hama tersebut dapat dikendalikan dengan insektisida endosulfan, klorfirifos, monokrotofos, metamidofos, diazinon. Untuk pencegahan, pestisida tersebut dapat diaplikasikan pada umur 25, 35 dan 45 hari.

Penyakit utama kacang tanah antara lain adalah layu bakteri, bercak daun, dan penyakit karat. Pengendalian dapat dilakukan dengan menanam varietas tahan atau menggunakan fungisida benomil, mankozeb, bitertanol, karbendazim, dan klorotalonil. Untuk pencegahan fungisida tersebut dapat diaplikasikan pada umur 35, 45 dan 60 hari.

Panen

Umur panen tanaman kacang tanah tergantung dari varietasnya. Ciri-ciri kacang tanah siap panen antara lain:

§  Batang mulai mengeras.

§  Daun menguning dan sebagian mulai berguguran.

§  Polong sudah berisi penuh, keras dan jika ditekan polong mudah pecah. Jika biji telah penuh, harus segera dipanen, kerena bila terlambat, biji dapat tumbuh di lapang.

§  Warna polong coklat kehitam-hitaman.

Pascapanen

§  Polong dikeringkan, dikumpulkan dan disortir. Pilah-pilah polong yang tua dan polong yang muda untuk dipisahkan berdasarkan derajat ketuaannya, lalu seleksi polong yang rusak atau busuk untuk dibuang.  Simpan polong kering ke dalam karung goni di gudang penyimpanan yang tempatnya kering.

§  Penyimpanan dalam bentuk biji kering dilakukan dengan mengupas polong kacang tanah kering dengan tangan atau alat pengupas kacang tanah. Jemur (keringkan) biji kacang tanah hingga berkadar air  9% lalu dikemas dalam plastik.

 

Daftar Bacaan

Direktorat Budidaya Kacang-kacangan dan Umbi-umbian. 2009. Teknologi Budidaya Ubi Jalar. Direktorat Tanaman Pangan. Jakarta

Hermanto dkk. 2009. Deskripsi Varietas Unggul Palawija 1918-2009. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor

Taufik, Abdullah dkk. 2008. Teknologi Produksi Kedelai, Kacang Tanah, Kacang Hijau, Ubi Kayu dan Ubi Jalar. Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian. Malang. Jawa Timur

 

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com