Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

e produk
Ulat Bulu
bank padi
MKRPL
Sinar Tani
e.petani

Poling

Informasi teknologi apa yang anda butuhkan?
 

Info Teknologi

BUDIDAYA CABAI DI LAHAN PEKARANGAN
Irma Audiah Fachrista, SP.MM, Sugito SP, Issukindarsyah, SP.M.Sc
article thumbnail

Cabai merah merupakan  sayuran yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.  Cabai pada umumnya dikonsumsi segar atau diawetkan seperti saus atau tepung cabai untuk bumbu masak.  Budidaya cabai m [ ... ]


PETUNJUK PRAKTIS BUDIDAYA MELON DALAM POT
Sugito, SP
article thumbnail

Melon (Cucumic melo L) merupakan tanaman buah semusim yang termasuk dalam family Cucurbiataceae. Buah melon memiliki nilai komersil yang tinggi di Indonesia dengan kisaran pasar yang luas dan beragam, [ ... ]


Memilih Bibit Lada yang Baik dan Setek Satu Buku
Issukindarsyah, Sp., M.Sc
article thumbnail

Awal musim hujan (bulan September) merupakan waktu yang tepat bagi petani untuk mengawali kegiatan bercocok tanam.  Demikian halnya dengan petani lada di Bangka Belitung yang kembali melirik bercocok [ ... ]


Teknologi Lainnya ..
Kunjungan Tim Penilai Perlombaan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Tingkat Nasional di Kep. Bangka Belitung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Akhmad Ansyor, S.P dan Zikril Hidayat, S.Pt   
Rabu, 12 Maret 2014 10:02

Bertempat di halaman rumah salah satu warga, selasa, 11 Maret 2013 telah dilaksanakan kunjungan tim penilai perlombaan pemanfaatan lahan pekarangan tingkat nasional. Tim penilai yang terdiri dari anggota Penggerak PKK Pusat dan dari Kementerian Pertanian yang didampingi oleh ketua Penggerak PKK Kota Pangkalpinang dan ketua penggerak PKK kecamatan menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menyambut Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke 10 serta Hari Keluarga Nasional ke 20.

 

Ketua tim penilai menyampaikan bahwa, bagian-bagian yang dinilai mencakup kelengkapan administrasi, fasilitas pendukung (bak sampah, koperasi warga, dll), serta kelengkapan tanaman (sayur, toga, pohon peneduh, dll) yang berada di halaman warga. Ketua tim penilai juga menyampaikan bahwa, dengan diadakan lomba tersebut, diharapkan dapat memotivasi warga-warga di lingkungan lainnya untuk memanfaatkan lahan pekarangannya.

 

Camat Bukit Intan, Efran juga menyampaikan ucapan terimakasih atas antusias dan semangat warga kelurahan Sinar Bulan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rumah tangga dengan memanfaatkan lahan pekarangan dan juga kepada Lurah dan Pegawai Kelurahan Sinar Bulan yang telah memfasilitasi  warga Kelurahan Sinar Bulan. Camat Bukit Intan juga mengucapkan terimakasih kepada Tim Pendamping dari BPTP Kep. Bangka Belitung (Akhmad Ansyor, SP, Minas Tiurlina P, SP, dan Zikril Hidayat, S.Pt) yang telah mendampingi warga Kelurahan Sinar Bulan, mulai dari pesiapan lahan hingga pascapanen. (A.A)

 

 

 



LAST_UPDATED2
 
Pelatihan Permodelan Sistem Untuk Pembuatan Kebijakan Pertanian PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Jumat, 20 Desember 2013 09:17

Peneliti dan penyuluh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kep. Bangka Belitung mengikuti pelatihan permodelan sistem untuk pembuatan kebijakan pertanian selama 2 hari (13-14/12 2013) yang dipandu oleh Ir. Agus P. Sumantri, M.Si dari Balai Besar Pasca Panen. Kegiatan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peneliti dan penyuluh dalam menyusun permodelan sistem. Pelatihan diawali dengan materi mengenai pengertian beberapa komponen permodelan sistem. Sistem dinamis itu sendiri merupakan suatu metodologi untuk mempelajari permasalahan di sekitar kita secara menyeluruh (MIT). Tujuan yang paling mendasar dalam pemodelan System Dynamics adalah meningkatkan pemahaman tentang hubungan yang terjadi diantara struktur umpan balik dan perilaku dinamis dari suatu sistem, sehingga dapat dikembangkan berbagai kebijakan dalam rangka memperbaiki permasalahan yang terjadi.

Selanjutnya, peserta pelatihan dibimbing untuk membuat permodelan sistem mengenai produksi padi di Kep. Bangka Belitung. Melalui model ini kita dapat mengetahui faktor-faktor apa yang paling berpengaruh terhadap produktivitas padi sekaligus melakukan simulasi untuk meningkatkan produktivitas yang telah dicapai. Pada hari kedua peserta mendengarkan presentasi sistem permodelan lada putih yang telah disusun oleh tim dari BPTP Kep. Bangka Belitung.  Melalui presentasi ini diharapkan adanya saran dan kritik sehingga dapat memperbaiki sistem permodelan lada yang telah disusun. Semua peserta mengikuti pelatihan dengan penuh perhatian dan cukup aktif terutama dalam latihan menyusun permodelan sistem.

 

SDM Profesional

Struktural
Ir. Jefri meraih gelar sarjana peternakan dari Universitas Andalas pada tahun 1985.Pada tahun 2004, Beliau dipindahka ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kepulauan Bangka Belitung, dan saat ini menjabat sebagai Kassubag TU.
Joomla Templates by JoomlaVision.com